Pemutih gigi, perlukah??

Beberapa teman menanyakan bagaimana cara membuat gigi lebih putih. Memang untuk menunjang penampilan, gigi yang terlihat lebih putih diidam-idamkan karena bisa meningkatkan percaya diri dan bebas tersenyum selebar mungkin (jangan kelebaran kali ya..) dan banyak juga yang akhirnya berkonsultasi ke dokter gigi dan minta agar giginya dibuat lebih putih dari gigi aslinya.

Mungkin ada yang heran, kenapa giginya berubah warna? Perubahan warna gigi terjadi karena 2 faktor yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik misalnya adalah genetik, adanya kelainan herediter, obat-obatan seperti antibiotik, matinya saraf gigi. Sedangkan faktor ekstrinsik antara lain adalah konsumsi makanan atau minuman yang bisa merubah warna seperti teh, kopi; kebiasaanmerokok, dsb. Jadi banyak hal yang bisa menyebabkan perubahan warna gigi.

Bisakah diputihkan? Bisa saja.. walaupun tergantung dari kasusnya juga. Teknik yang akhir2 ini sedang ngetrend adalah teknik bleaching. Teknik bleaching ini ada 2 macam yaitu pemutihan secara internal dan eksternal. Perawatan yang dipilih tergantung dari beberapa hal, antara lain penyebab perubahan warna, vitalitas gigi, indikasi yang tepat dan motivasi pasien.

Pemutihan internal harus dilakukan oleh dokter gigi. Cara ini dilakukan pada gigi yang sudah mati (nonvital) dan sudah dilakukan perawatan endodontik.
Sedangkan pemutihan eksternal dilakukan pada gigi vital. Salah satunya bisa dilakukan sendiri oleh pasien dengan menggunakan alat semacam mouth guard. Pemutihan eksternal ini hanya bekerja pada lapisan terluar gigi sehingga kurang efektif dan tidak bertahan lama.

Tidak salah menginginkan gigi lebih putih, asal pemutihan gigi dilakukan di bawah pengawasan dokter gigi dan tidak sembarangan. Hal ini karena bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai pemutih antara lain adalah hidrogen peroksida, natrium perborat, dan karbamid peroksida yang bersifat reaktif. Dari penelitian diketahui bahwa karbamid peroksida dapat bereaksi menimbulkan peradangan pada mukosa mulut. Sejumlah penelitian lain juga membuktikan bahwa bahan2 pemutih gigi dapat merangsang resorpsi (penyerapan) akar yang patologis dan meningkatkan kerapuhan gigi.

Jadi, untuk amannya, sebelum memutuskan untuk memutihkan gigi, konsultasilah dengan dokter gigi untuk mengurangi risiko timbulnya masalah kelak.. Nah, perlu atau tidaknya memutihkan gigi tergantung dari kepuasan si pemilik gigi akan warna giginya, dan juga kemampuan 'kocek'nya karena bleaching termasuk perawatan gigi yang 'mahal'..

Comments

Anonymous said…
ternyata efeknya membahayakan juga ya mbak...
sekarang aku boleh bangga kalo ditanya knapa gigiku kuning..karena bleaching bukan solusi yg sehat....:D
isnaini said…
Komen dulu. Baca belakangan. He he he, gigiku sih gak kuning, gak juga putih seh. Ditengah-tengah lah. Eh, mau nanya nih Sal, sikat gigiku kok cepet banget rusaknya ya. Padahal beli yang mahal lho. Baru dipake seminggu, udah mekar? Gimana solusinya ya?
Sallika said…
wah kayaknya mas isnaini ini sikat giginya terlalu semangat 45 deh hehe makanya sikat giginya mekar terus.. jadi sarannya si klo sikat gigi jgn terlalu keras dan semangat, cara sikatnya juga musti dpratiin (dari arah gusi ke ujung gigi) dan jangan terburu2..okeh! =)
gerry said…
wah...rencana minggu depan mo bleaching nih, untung baca ini..hehe btw 2 minggu lalu gigi gw dibersihkan (yg item2 nya) ma dokter gigi disini...ada efek sampingnya jg ga ya?
Sallika said…
dibersihin yg item2, maxudnya karang gigi? ato item2 krn lubang? hmm apapun itu klo tujuannya dibersihin ga ada efek sampingnya ko, malah efeknya positif.. jd lebih bersih putih dan kuman pun pegi.. tp klo udah bersih djaga terus biar ga balik lagi ya..
Anonymous said…
mo nanya neh mbak.... gigi saya ada yg ompong di depan karena sudah tanggal, memang cuma 1 gigi seri aja, tapi agak mengganggu jg apalagi bwt penampilan en takut nanti malah menyebar ke gigi yg laen. ada solusi ga buat pasang gigi palsu, manakah yang lebih baik? saya denger ada gigi implan yg merupakan salah satu cara terbaik, gimana menurut mbak dan kira2 berapa ya biaya nya? (biar ada persiapan gitu).
Anonymous said…
Bu dokter, boleh nanya, beberapa gigiku terutama yg taring dan pre molar keliatan akarnya (mungkin karena terlalu semangat gosok sampai-sampai gusinya terangkat), bila saya gosok akar yg terlihat dengan sonde, akan terasa sedikit ngilu. Apa yg harus saya lakukan untuk mengatasi supaya ngilunya tidak bertambah parah ? Trims.
Sallika said…
hmm biasanya dsebut resesi gingiva ato gusinya turun.buat ngurangin nyerinya biasanya dokter gigi bakal kasih lapisan di permukaan akarnya yah semacam pelindung kali ya biasanya si cukup ampuh. atau bisa juga dtambah pake pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. biar ga tambah parah, sikat giginya jgn tlalu smgt ya, dan inget arahnya dari gusi ke ujung gigi, merah ke putih..ok2!
Anonymous said…
Dok.. saya tertarik ttg bleaching de.. bisa kasi detailnya ga ttg bleaching.. dari proses dan tekniknya, untung dan ruginya (selain utk estetik), dll.. coz ini bwt skripsi saya taun dpn..(siap2 aja c, insyaAllah;>) tlg ya dok.. oy, bs kirim ke email saya mymyqta18@yahoo.com.. makasi dok.. doain saya cpt lulus ya, hehe..;)
Anonymous said…
Memutihkan gigi gak bahaya kok. Bahkan dengan Carbamide yang di sebut di atas. Kalau kena gusi iritasi (kalau kena) juga gak parah. Tapi umumnya Carbamide nya nggak sampai ke gusi. Kan ada bleaching tray yang customized, jadi khusus untuk perorangan. Cara pakainya juga bertahap. Biasanya tiap malam sebelum tidur bleaching tray di pakai selama 1 - 2 jam. Biasanya yang di pakai carbamide 16% sampai 22%. Yang sering sesudah pakai pemutih gigi akan terasa sensitive, kalau terasa sensitive biasanya jalan keluarnya ya berhenti dulu pakai cream pemutihnya,sesudah gigi tidak terasa sensitive bisa di teruskan. PMemutihkan gigi gak merusak gigi sama sekali. Malahan membuat gigi tambah cantik. Apalagi yang suka minum kopi teh dan lain2 yang bisa bikin stain ke gigi.
Anonymous said…
dok mau tanya doong.. gigi depan saya ternyata ada bolong di belakangnya. jd di depannya terlihat menghitam sedikit di ujung2nya.. malu kalo sedang senyum atau tertawa.. kalo seperti itu bisa di kembalikan seperti warna asli dengan teknik bleaching gak? atau ada cara lain? makasih ya dok
Anonymous said…
hmm mending bolongnya dibersihin trus dtambel aja mbak..
Reinaldo 9e 25 said…
bu dokter...
gigi saya kuninggg banget... dah kaya spidol warna kuning langsat..
dah gtu, di gigi seri bagian atas ada 2 gigi itu di tengah"nya ada warna putih tembok, di sektiarnya warna kuning, saya masih kls 3SMP cowo, ganteng, tp gigi jlek >.<
mohon bantuannya biar gigi putih bersih ampe di akherat nanti..
oo ya klo buka yang ini buka e-mail goolenya donk, ak kirim ke ggolenya ibu dokter..
bales e-mail aja ya ^^
ak kasih juga gambar gigi akuw ^^
thx bu dok...
Anonymous said…
permisi permisi..mohon informasi yaa kalo bleaching gigi kuning yang dari kecil garagara efek obat..biasanya berapa lama dosis pemakaiana dan kisaran biayanya brapa yaa. trims mba dokter yang cakep
Unknown said…
dokter gigi depan bagian bawah yang sebelah kanan berlubang jadi gigi saya tuh berdempetan jadi 2 sisi yang berdempetan tuh berlobang dan hitam lubangnya tuh pas didempetannya itu karena mungkin ada makanan yang nyelip lupa gak aku bersihin pake tusuk gigi aku sikat cuma sikat gigi aja.Gimana nih bu dokter aku jadi malu sebaiknya diapain ya dok?thanks
cia
sallika said…
@riesa: gigi berlubang sebaiknya cepet2 ditambel di dokter gigi, biar daerah berlubangnya ga semakin meluas..untuk membersihkan gigi lebih efektif, sikat gigi bs ditambah dengan penggunaan benang gigi untuk membersihkan daerah antar gigi (interdental) yang dijual di pasaran..cepet2 ditambel ya ries..
nanang said…
semangat bu dokter' mo curhat ibu saya pu'y masalah seperti reinaldo.. tolong kirim ke emailku' ibu, jawaban dr comment'y sdr reinaldo.. tengkyu.madam dgn nanang di cilegon.
rohwisnu said…
Dok, bisa minta info nama obatnya apa,yang dijual bebas diapotik? Dan yg pakai resep dokter?. Pemutih gigi dok..
Unknown said…
iya dok, aku mau infonya donk obat pemutih gigi yg di jual di apotik umum....yg aman di pakai wlwpun tanpa resep dokter...thx yaa
syifa said…
bu...gigi sy niy nmax kyx diskolorisasi berat.kuning bgttt...
ksi solusi dunk.bs gk d ptihin?
Anonymous said…
iya tuh obat pemutih apa yg dijual diapotik??
mohon dijawab donk, kemahalan kalo mesti ke dokter gigi..
Anonymous said…
Hiks...rawat syaraf yg murah dimana siiiihhhhhhh
sangat bermanfaat sekali artikelnya.. kalau untuk begel gigi itu berbahaya tidak bagi gigi.
Unknown said…
Kunjungi kami di mall pondok indah jl metro pondok indah jaksel. Melayani konsultasi dn pelayanan gigi dan umum, telp 021 7506803

Popular posts from this blog

Atur Duit untuk Kesehatan

Manfaat Kol untuk Ibu Menyusui, Emang Ada?

Adiksi Medsos dan Bahayanya