Wednesday, June 21, 2006

Karang Gigi

Bila anda memperhatikan dengan baik, mungkin saja terlihat lapisan keras berwarna kekuningan atau kehitaman di permukaan gigi anda. Lapisan ini disebut karang gigi. Selain dapat mengganggu penampilan anda saat tersenyum, karang gigi juga dapat mengganggu kesehatan gigi dan sekitarnya.

Menurut drg Irene Sukardi, Sp Perio, salah seorang staf pengajar Departemen Periodonsia FKG UI, karang gigi berasal dari plak yang bercampur dengan zat kapur pada ludah sehingga lama-kelamaan akan mengendap di permukaan gigi.

Bagaimana proses terbentuknya? “Setelah kita menyikat gigi, pada permukaan gigi akan terbentuk lapisan bening dan tipis yang disebut pelikel. Pelikel ini belum ditumbuhi kuman. Apabila pelikel sudah ditumbuhi kuman disebutlah dengan plak. Plak yang dibiarkan, lama kelamaan akan terkalsifikasi (berikatan dengan kalsium) dan mengeras sehingga menjadi karang gigi,” jelas Irene.

Karang gigi menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dan menjadi tempat menempelnya plak kembali sehingga kelamaan karang gigi akan semakin mengendap, tebal dan menjadi sarang kuman. Karang gigi dapat terlihat kekuningan atau kehitaman, warna kehitaman biasanya akibat bercampur dengan rokok, teh, dan zat lain yang dapat meninggalkan warna pada gigi.

Gigi Bisa Tanggal
Kalau kita berbicara mengenai gigi, tentu tidak terlepas dari membicarakan jaringan penyangga gigi (jaringan periodontal). Jaringan periodontal ini yang menjadi tempat tertanamnya gigi. Jaringan ini terdiri dari gusi, sementum, jaringan pengikat tulang penyangga gigi (alveolar). Jaringan penyangga gigi inilah yang mengikat gigi, pembuluh darah dan persarafan menjadi satu kesatuan.

Apa yang terjadi bila karang gigi tidak dibersihkan? “Karang gigi mengandung banyak kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit lain di daerah sekitar gigi,” kata drg Irene. Bila tidak dibersihkan, maka kuman-kuman dapat memicu terjadinya infeksi pada daerah penyangga gigi tersebut.

Bila sudah infeksi maka masalah lebih lanjut bisa timbul. Penderita biasanya mengeluh gusinya terasa gatal, mulut berbau tak sedap, sikat gigi sering berdarah, bahkan adakalanya gigi dapat lepas sendiri dari jaringan penyangga gigi. “Infeksi yang mencapai lapisan dalam gigi (tulang alveolar) akan menyebabkan tulang pernyangga gigi menipis sehingga pada perbandingan panjang gigi yang tertanam pada tulang dan tidak tertanam 1:3, gigi akan goyang dan mudah tanggal,” ungkap drg Irene.

Memicu Penyakit Jantung?
Selain mengakibatkan gigi tanggal, kuman infeksi jaringan penyangga gigi juga dapat menyebar ke seluruh tubuh. Melalui aliaran darah, kuman dapat menyebar ke organ lain seperti jantung. Karena itu ada beberapa kasus penyakit yang sebenarnya dipicu oleh infeksi dari gigi, ini disebut infeksi fokal. Penyakit infeksi otot jantung (miokarditis) termasuk penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi fokal ini.

Oleh karena itu, masalah karang gigi tidak dapat disepelekan. Bila plak sudah mengendap menjadi karang gigi maka penyikatan sekeras apapun dengan sikat gigi biasa tidak akan menghilangkannya. Drg Irene berujar, ”Satu-satunya cara untuk mengatasi karang gigi adalah dengan pergi ke dokter gigi untuk dibersihkan agar terhindar dari penyakit yang lebih berat dan tentunya butuh biaya yang lebih besar.”

Membersihkan Karang Gigi
Karang gigi harus dibersihkan dengan alat yang disebut scaler. Ada yang manual ataupun dengan ultrasonic scaler. Setelah dibersihkan dengan scaler, karang gigi akan hilang dan gigi menjadi bersih kembali. Namun, karang gigi dapat timbul kembali apabila kebersihan gigi tidak dijaga dengan baik.

Drg Irene menganjurkan dilakukannya tindakan pencegahan sebelum karang gigi timbul yaitu dengan menyikat gigi secara teratur dan sempurna. Dental floss juga perlu digunakan untuk membersihkan permukaan antar dua gigi yang sering menjadi tempat terselipnya makanan dan menjadi tempat penimbunan plak. Bagaimana dengan penggunaan obat kumur? Obat kumur yang mengandung clorhexidine dapat digunakan untuk mencegah timbulnya plak, obat ini dapat digunakan setelah penyikatan gigi. “Lebih baik mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?” pesannya.

Ps:ket gambar bukan foto penulis =P

18 Comments:

  • wah...blog yang bermanfaat sekali. Selamat ya. Salam kenal

    By Blogger Budi Sutomo, S.Pd, at 22/6/06 12:02 AM  

  • bagus banget blog nya. Salkam kenal juga ya

    By Anonymous isnaini, at 22/6/06 12:04 AM  

  • kalau Karang gigi bisa disembuhkan ngga sih mbak? thanks

    By Anonymous Anonymous, at 22/6/06 12:06 AM  

  • cara ngatasin karang gigi harus dengan dibersihkan ke dokter gigi melalui perawatan yang namanya scaling.. setelah di scaling karang gigi akan hilang dan gigi bersih kembali.. setelah di scaling jangan lupa kebersihan gigi harus tetap dijaga.. thx ya dah visit :)

    By Blogger Sallika, at 22/6/06 12:43 AM  

  • Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
    »

    By Anonymous Anonymous, at 19/7/06 5:20 PM  

  • I find some information here.

    By Anonymous Anonymous, at 20/7/06 6:56 PM  

  • bagus sangat informatif.
    aku dulu suka bersihin karang gigi ke dokter gigi, tapi belakangan jadi sakit (ngilu) kalo di scaling, jd skrg sdh gak prnh lagi. kenapa ya ??

    By Anonymous Anonymous, at 6/6/07 12:43 AM  

  • tanya donk kalo bersihin karang gigi semua brapa ya mbak?
    trims

    By Anonymous Anonymous, at 16/11/08 9:29 PM  

  • BermaNfaat sekaLi Infonya..

    By Blogger sHiE, at 27/11/08 8:07 PM  

  • makssih ya mbak atas info nya

    By Anonymous aa, at 28/11/08 8:07 PM  

  • Kalo yang udah ada ultrasonic scaler di rumah sakit jakarta di mana?
    Untuk gigi yang diortho bisa nggak?
    Krn pake kawat gigi ini jadi rada susah buat sikat gigi yang bener.
    Trimakasi...

    By Blogger Hayat Ria, at 22/12/08 6:49 PM  

  • saya mau tanya...apakah karang gigi bisa dibersihkan sampai benar2 bersih kembali?..terkdng klo sikat gigi terjadi pendarahan...apakah itu indikasi klo karang gigi saya sudah parah?...
    Brp lira2 biaya untuk membersihkan karang gigi?...

    By Anonymous Mahdi, at 3/5/09 9:12 PM  

  • barusan abis dibersihin karang gigi untuk pertama kali nya.
    gigi serasa banyak lubang nya.
    apakah itu normal?

    By Blogger Demank, at 21/12/09 11:50 PM  

  • wah,, bagus... Saya juga mengalami karang gigi,, Rasanya linu sekali,, pokoknya ga enak di mulut.. tapi saya takut ke dokter gigi.. dan hanya mengobati pasta gigi anti plak,, apakah berbahaya?

    By Blogger fadblog, at 23/4/10 8:01 PM  

  • hmm biaya bersihin karang gigi di FKG UI brp ya? ada yg tau?

    By Anonymous Anonymous, at 16/9/10 1:23 AM  

  • berapa ya biaya buat ngilangin karang gigi ?
    klo buat pemasangan behel berapa ya ?
    saya uda punya behel ya....

    By Blogger nicky, at 30/9/10 5:28 AM  

  • blog ini sgt b manfaat banget. aku i barusan scaling. wah tambah PD, gigi jadi bersih.

    By Anonymous era, at 12/3/12 6:07 AM  

  • blog ini sgt b manfaat banget. aku i barusan scaling. wah tambah PD, gigi jadi bersih.

    By Anonymous era, at 12/3/12 6:09 AM  

Post a Comment

<< Home