Kondom Dilarang!

Larangan penggunaan kondom belum lama ini ditetapkan, tapi khusus untuk penganut agama Katolik, sesuai dengan pernyataan Vatikan. Menurut ajaran Gereja Katolik, penggunaan kondom untuk melindungi diri dari penderita HIV bahkan juga pada pernikahan dimana salah satu pasangan mengidap HIV positif, adalah dosa.

Paus Benedict XVI berpendapat bahwa pengajaran gereja tradisional terbukti menjadi satu-satunya cara aman mencegah penyebaran HIV/AIDS. Cara ini yaitu dengan menjaga kesucian pernikahan dengan tidak bergonta-ganti pasangan. Seorang pejabat senior gereja Katolik di Vatikan juga menambahkan bahwa virus HIV bisa menembus kondom dan menularkan AIDS kepada orang lain.

Hal ini tentu aja menimbulkan pertentangan di berbagai kalangan. Pejabat kesehatan internasional WHO mengecam pernyataan Vatikan bahwa penggunaan kondom tidak akan mencegah penularan infeksi virus HIV, karena kondom terbukti banyak membantu mengekang penularan penyakit ini.

Banyak yang menganggap pendeta Katolik di barat menutup mata pada masalah penggunaan kontrasepsi di antara jemaatnya, karena terbukti banyak juga umat Katolik yang telah tertular serta gagal melindungi dirinya sendiri dari HIV. Dengan adanya larangan ini bisa jadi jumlah yang tertular smakin meningkat.

Hmm alesannya sih bener ya, menjaga kesucian pernikahan emang harusnya bisa dijadiin solusi pencegahan penularan HIV/AIDS. Tapi, melihat semakin mewabahnya penyakit ini akibat makin ’marak’nya seks bebas yang susah dikendalikan, sepertinya alat proteksi kyk kondom masih sangat diperlukan untuk pencegahan.. What do you say?


Sumber : The Lancet

Comments

Dilarang atau engga, benda itu bagi saya ngga berpengaruh.
** pertama: saya lebih suka tidak pakai kondom, rasanya jadi aneh.
** kedua: Pasangan suka mengeluh iritasi karena alergi karet "latek" sebagai bahan baku kondom.
**Ketiga: Ribet, harus pasang dulu,tidak efisien apalagi kalau kitanya mu quicx seks.
** Keempat: Relatif Mahal
** Kelima: Pernahkan ibu dokter merasakan "manfaat" dari kondom?!
Anonymous said…
jadi kesimpulannya yang saya dapet adalah
1. kondom itu penting buat berhubungan sex
2. karena ada kondom, berarti kita boleh gonta-ganti pasangan
begitu yah bu dokter??
maruf hadi said…
condom,ngak tau tuh,abis belum pernahmakainya, emang setidaknya condom bisa mencegah penularan HIV/AID, namun dengan dianjurankannya pengunaan condom seakan-akan dianjurkan juga sex bebas tak yo, lebih baik menghindari sex bebas, dan nikah aja lebih dari satu juga ngak pa2(poligami) lebih efisien menagkal AID,dari pada harus pakai kondom, toh keamananya ngak 100%
Anonymous said…
agar slamet dari kehamilan ajah :)
Anonymous said…
Intinya... ya itu tadi tidak GONTA GANTI PASANGAN.... dan Berhubungan setelah sah... secara hukum agama dan hukum negara...
Sallika said…
mungkin hampir smua agama melarang seks bebas dan gonta ganti pasangan yg ga halal.. tp naif bgt kali ya klo berharap masalah hiv bs cepat teratasi dengan melarang semua umat stia sm pasangan msg2,so mungkin kondom membantu..tapi, iman masing2 pastinya lebih penting utk menjaga diri..
Anonymous said…
Alasan lain PAUS melarang kondom karena PAUS melegalkan HOMOSEX mungkin karena background PAUS sendiri seorang banci menurut sumber di http:/pakdenono.com. Padahal memperburuk keadaan melarang pemakaian kondom. Klo di Indonesia sih prosentase kenaikan HIV/AIDS lebih banyak pada pengguna narkoba suntik dibandingkan kegiatan Freesex .. so .. mungkin pendidikan sex di Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi tentunya dengan cara yang baik dan benar.

Popular posts from this blog

Atur Duit untuk Kesehatan

Manfaat Kol untuk Ibu Menyusui, Emang Ada?

Adiksi Medsos dan Bahayanya