Wednesday, June 21, 2006

Atasi Masalah pada Kaki

Kaki sehat dan indah. Tidakkah Anda menginginkannya? Sayangnya, dibandingkan bagian tubuh lain, kaki memang sering diabaikan.

Kaki yang sehat adalah kaki yang bersih, mulus dan bercahaya. Tidak kering, pecah-pecah apalagi bau dan berjamur. Namun karena ketakpedulian kita, berbagai masalah dapat timbul pada kaki. Berikut adalah masalah-masalah yang sering ditemui pada kaki dan cara mengatasinya.


Tumit pecah-pecah
Kulit kaki yang pecah-pecah bisa menimbulkan rasa nyeri saat berjalan jauh. Aktivitas dan penampilan Anda pasti terganggu. Penyebab tumit pecah-pecah/mengelupas cukup banyak. Bisa karena terkena bahan kimia (misalnya detergen), penggunaan alas kaki terbuka di bagian tumit dalam waktu lama, bisa juga oleh jamur akibat kelembaban tinggi, karena memang kulit terlalu kering, alas kaki dengan hak yang terlalu keras atau terlalu sering bertelanjang kaki di atas lantai keramik atau semen.

Cara mengatasinya gosoklah bagian yang pecah-pecah tersebut dengan alat penghalus telapak kaki (bisa berbentuk batu apung atau penghalus kaki khusus yang dijual di toko kecantikan) ketika Anda mandi. Alat ini akan mengelupaskan kulit-kulit kering pada tumit. Setelah itu lanjutkan dengan mengoleskan foot lotion yang mengandung pelembab atau baby oil. Lalu kenakan kaus kaki lembut ketika Anda berangkat tidur. Esok harinya, coba rasakan tumit Anda sudah mulai terasa lebih lembut.


Bau kaki
Bau kaki yang tidak sedap berawal dari keringat. Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau namun setelah bercampur dengan bakteri, keringat menjadi bau. Salah satu penyebab utama bau kaki adalah memakai bahan penutup kaki atau sepatu yang salah. Sepatu dari plastik atau bahan sintetik tidak dapat menguapkan dan menyerap keringat dengan baik sehingga kaki tetap basah.

Untuk mengurangi bau kaki, ketika mandi jangan lupa membersihkan bagian sela-sela kaki dan selalu keringkan kaki secara menyeluruh. Pakailah sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit karena memungkinkan kaki bernapas sehingga terhindar dari bau yang disebabkan keringat. Gunakan juga kaos kaki berbahan cotton atau wool yang dapat membantu kaki tetap kering. Hindari memakai sepatu yang sama dalam dua hari berturut-turut dan ganti kaos kaki sekali atau dua kali sehari. Bila perlu, untuk mengusir bau kaki, gunakan spray kaki ketimbang bedak karena jauh lebih efektif.



Kulit kaki kering atau bersisik
Kaki bersisik menunjukkan kekeringan pada kulit. Kulit dapat menjadi kering akibat beberapa hal di antaranya berada dalam ruangan ber-AC atau di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, memiliki jenis kulit yang kering, atau kurang konsumsi cairan.

Untuk mengatasinya gunakan foot atau body lotion setiap keluar rumah dan pada malam hari. Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly yang berfungsi untuk melembabkan kulit kaki yang kering. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah, dan jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas per hari.


Jamur pada kaki
Jamur di sela jemari kaki biasanya disebabkan oleh jamur jenis Candida albicans. Kulit sela jari kaki terlihat mengelupas dan warnanya seperti susu dengan rasa gatal yang hebat.
Meskipun tidak berbahaya, jamur yang tidak segera diobati secara tuntas akan menular ke bagian tubuh lain. Pengobatannya sebenarnya tidak sulit, yaitu dengan pemberian obat minum dan salep. Yang penting adalah mengetahui dengan pasti jenis jamur yang menyerang kaki agar mandapat pengobatan yang tepat.

Iritasi setelah waxing
Bagi sebagian besar wanita, bulu kaki yang lumayan lebat akan mengganggu penampilan. Karenanya kerap membuat mereka tidak pe-de. Untuk menghilangkannya banyak yang memilih waxing. Tetapi bila penggunaan jenis wax (lilin) tidak tepat maka iritasi pada kulit bisa terjadi.

Jika timbul iritasi pada area yang baru di wax maka segera oleskan cammomile lotion secepatnya. Diamkan selama beberapa menit kemudian dibersihkan. Hindari melakukan waxing pada saat Anda sedang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome), karena pada saat tersebut kulit Anda cenderung lebih sensitif.


Penyakit varises dan mata ikan
Ada juga masalah pada kaki yang tergolong sebagai penyakit, yakni varises dan mata ikan. Varises terjadi karena adanya pembesaran pembuluh darah balik (vena). Varises akan timbul bila ada pembebanan berlebihan pada kaki, misal pada kehamilan, olah raga tertentu, atau sikap badan statis terlalu lama. Untuk mengatasinya tersedia obat anti varises. Atau dapat juga menggunakan kaos kaki anti varises untuk mencegah pelebaran pembuluh darah.

Penyakit mata ikan sebenarnya merupakan penebalan kulit karena pemakaian sepatu yang terlalu keras atau sepatu yang tidak pas sehingga “menyiksa” telapak semua bagian telapak kaki. Penyakit ini dapat diobati dengan obat tetes khusus, atau dengan pembedahan kecil. Untuk mencegahnya, gunakan sepatu yang lebih pas, lembut, dan enak dipakai. Ingatlah, kaki merupakan tumpuan utama kita dalam beraktivitas. Agar kaki Anda sehat dan indah dipandang, Anda harus menjaga kebersihan dan memberikan perawatan yang tepat. Mulailah memanjakan kaki Anda.

17 comments:

isnaini said...

akhirnya bikin blog juga. Selamet yeeeeeeeee...

Santi said...

Mbak.....kakiku suka bau kalau pakai sepatu kulit, kemana cara mengatasinya. thanks

Sallika said...

hindari memakai sepatu yang sama berhari2 dan bila kaki cenderung banyak berkeringat pilih model sepatu yang agak terbuka..Bila perlu,gunakan spray atau bedak kaki untuk mengurangi bau..thx 4 visiting :)

nted hebat said...

kak si angga kambing suruh baca tuh..dia kan mata ikan..bau pula kakinya..

Sallika said...

huehehe bener jg lo ted.. iya d tar gw suru baca..

Rully said...

obat tetes khusus untuk mata ikan itu apa?

gita igiets said...

wah.. makasih ya infonya..
mulai skarang bakal sering pake baby oil di kaki ah sebelum tidur.. ^_^

vivien said...

lam knal mba' ...
Q mo mnta tlg, adekQ punya masalah sama tumit di bagian telapak kakinya. di bagian itu (telapak kaki di tumit) timbul lubang kecil-kecil, banyak banget. Sebenarnya itu apa mba'? jamur? Gmn cara ngatasinya?
Sebelumnya makasih bwat jawabannya (klo dijawab ce.. hehe..)

hqm said...

'bak saya mau tanya???
mata ikan itu nama ilmiahnya apa??
apakah sama dengan cathak (istilah jawa), terus apakah bisa tumbuh di luar kaki misal di kepala, tangan, lutut dls
terimkasih

aNe giTu... said...

wah bener tuh... mata ikan itu tumbuhnya bisa dijaringan kulit yang tipis gak sih, soalna, sekarang gi mata ikan di jadi tangan nih.. tapi masi ditelapakna sih. takut aja nanti kemana2 :p. thanks for the answer

fatur said...

kalau kaki kutilan dibuangnya pake obat apa ya, aku ngga mau operasi selain ngeri juga mahal. Tolong bisa bantu infonya

sofyan said...

anakku kena mata ikan dia korek-korek sampe kesakitan sendiri, mau cari obat untuk sembuhin mata ikan pake apa? dan bisa dibeli dimana? thanks

Anonymous said...

bisa tau ga obat buat mata ikannya apa yaa ? soalnya saya ada mata ikan di telapan kaki gitu...tapi takut dioperasi, tadi saya baca ada obat tetesnya, bisa tau ga ya obat tetesnya seperti apa ? tolong dijawab ke coffe2lemon@yahoo.com.
Thanks before yaa :)

Johan said...

Blog yang bagus... sangat bermanfaat untuk sharing...
Senang berkenalan dengan Ika...
Kalau boleh ijinkan sy sharing tentang solusi Aman, Praktis dan Efektif dalam menghilangkan bau badan, bau kaki, bau ketek :-)
silahkan kunjungi www.CegahBauBadan.com
Semoga bermanfaat.

Anonymous said...

buat mata ikan itu obat tetesnya namanya apa kaka?
di apotek ada ato tidak?

Anonymous said...

oh ya terimakasih atas jawabannya..ni mata ikan ada di depan jari jempol kaki :'(


regards

tony irawan said...

dulu pernah mata ikan di kaki..tadinya cuma satu,eh lama lama jadi banyak...
akhirnya..aku rendem kaki selama setengah jam...trus..aku cungkil mata ikan yang pertama kali tumbuh pake gunting kuku...emang sadis sih caranya...tapi ini berhasil.
alhamdulillah sekarang dah ilang smuanya..padahal yang dicungkil cuma satu...