Kopi Bikin Pria Mandul

Karena pgn begadang nyelesein tugas2, bbrp hr yg lalu gw minum secangkir kopi anget buat ngusir kantuk.. tp 1 jam kemudian bukannya ngantuk yg ilang, yg ada pala jd pusing dan akhirnya mlh matiin komputer dan tidur. Udah sering bgt kejadian kyk gini, tiap minum kopi pasti jd pusing. Bt jg si..tp ternyata kopi ada bahayanya jg lho klo dkonsumsi terlalu byk. Mungkin gw harus bersyukur krn bukan tmasuk pecandu kopi.

Menurut beberapa sumber, kebanyakan minum kopi ga bagus buat kesehatan. Penyebabnya ya ga jauh2 dari kafein yg terkandung dalam kopi. Sebenernya ga cuma kopi yg mengandung kafein, dengan kadar yang berbeda2 ada beberapa minuman lain seperti teh dan minuman bersoda. Rata2 kadar kafein dalam secangkir kopi 80-125 mg, teh 9-40 mg, dan 1 kaleng minuman bersoda 20-50 mg. Kopi lah yang paling tinggi kadar kafeinnya.

Melalui penelitian, ditetapkan bahwa kadar kafein yg aman adalah 150 mg dalam sehari. Sedangkan dapat mengganggu kesehatan bila dkonsumsi lebih dari 500 mg kafein perhari. Kesehatan apa si yg terganggu? (skali lagi, bila berlebihan)

Ternyata si kafein ini klo dikonsumsi dalam jumlah byk emang punya byk efek jahat. Dari mulai meningkatkan stres, memicu serangan jantung dan peningkatan tekanan darah, gangguan pencernaan bahkan kemandulan pada pria (nah lo!). Ternyata mengonsumsi kafein terlalu banyak diperkirakan dapat menyebabkan kemandulan pada pria krn dapat menurunkan jumlah sperma ataupun merusaknya.

Tidak hanya pria, wanita juga perlu waspada karena minum dua cangkir kopi atau lebih per harinya dapat meningkatkan risiko terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hasil penelitian lain juga menyebutkan bahwa bila ibu hamil terlalu byk minum kopi, bayinya mempunyai risiko tinggi terkena epilepsi! Hmm serem jg yah..

Laluu..kafein juga merupakan salah satu penyebab utama sakit kepala, ini dia kli ya alesan gw suka pusing abis minum kopi.. Juga ga ktinggalan dampak pada kesehatan gigi dan mulut, konsumsi kopi bs menyebabkan timbulnya bau mulut dan dalam jangka waktu yg lama bisa merubah warna gigi (staining).

Hmm..ternyata efeknya tidak senikmat rasanya ya.. Buat para pecinta kopi bukannya nakut2in lho.. tapi minumlah kopi secara baik dan benar dan yg penting jgn berlebihan.. Memang sesuatu yg berlebihan seringnya jd ga baik, ya kan?

Comments

Ternyata kopi berbahaya ya? untuk saya ga suka minum kopi. Hidup jus buah segar dan air putih!
Mas Hery said…
kemandulan??
kalo di pikir2 sih orang yg suka bgt konsumsi kopi berlebihan kan yg workaholic, sering dikejer tenggat waktu, suka lembur atau yg sering nonkrong jam 1 malem di gardu ronda sebelah....mungkin karena itu waktu mereka jarang kumpul ama istri...jadi deh dibilang mandul....padahal cuman rugi kehilangan waktu aja kali....
eh ini sih ngaco ya....
Sallika said…
hmmm teori baru dr pak agus, menarik jg.. =)
Rian Ahmad said…
Bu Dokter yang Cantik...

Menurut saya semua jenis makanan dan ataupun memiliki dampak yang unik tergantung seberapa banyak kita mengasupnya. Bener, khan...

Seperti pada kopi. Bila diasup dengan seimbang pada pendapat saya, justru positif kok. Tapi kalau berlebih, ya seperti Bu Dokter bilang... berbahaya.

Bahkan madu pun yang selama ini terkenal sebagai antiseptik dan tonik terbaik, kalau diminum berlebih justru mengakibatkan muntah darah.

Tapi yang pasti, artikelmu kali ini paten abis Girl....!

Eh. OOT nich, mau nggak tukeran link sama saya...? Kalau mau, link ke blog saya adalah http://RianAhmad.Blogspot.com

Linkmu sudah saya pasang di blog saya kok....

Salam hangat,

Rian Ahmad
Unknown said…
Mandul....?
wah bahaya niiee.
tapi gue kecanduan banget sama coffemix, emang betul sih apa yang di di tulis sama Sally, tapi bagi kami para pegadang :) nggak bisa ninggalin si hitam pahit itu. atau mungkin ada solusi lain dari buk dokter agar nggak ngantuk kalo begadang .....
isnaini said…
Lagian, ngapain juga minum kopi Sal? Yang paling bagus itu ya air putih. Aman, baik buat ginjal, detoks alami dan murah. Ya kan?
Anonymous said…
saya baru aja minum kopi.. hehe
Anonymous said…
mbak sally, saya zoel, sudah punya 2 anak dan suka minum kopi. bisa 3 cangkir setiap hari. tapi ko anak saya bererot ya dan ngga mandul?!
Sallika said…
wah alhamdulillah klo gt..dr data yg kubaca, 3 gelas sehari masih tergolong cukup aman ko..tergantung jenis kopinya jg, trus tingkat kesuburan pd tiap org kan beda2..jadi, slamat yah..
Anonymous said…
untung gw bkn pecandu kopi berat..bisa madesu nanti..
mba yg satu ini makin hebat aja deh..
Anonymous said…
Salam kenal,
kalo ada yang bilang penggemar kopi mandul, tapi ada yang tetep bisa punya anak, saya setuju sama jawaban mbak sallika. Kan tidak setiap kasus selalu sama. Ada yang bilang kalo merokok mematikan, tapi kok ada perokok berat yang berumur panjang. Semua tergantung gaya hidupnya, gak setiap kondisi semua orang sama. Kata kuncinya, biasanya adalah: "Meningkatkan resiko", dimana pada kasus2 tertentu, jadi parah banget. Dengan gaya hidup masa kini yang jauh dari sehat, kemungkinan resiko jadi tambah buruk, ya meningkat banget lah.. (eh bingung bahasanya ya? Hehehe). Terimakasih mbak sillika. Artikelnya menarik.
Anonymous said…
Hehehe klo minum kopi bisa pontang panting aku :) karena gak tahan maagnya ..
nanya nih bu dokter .. klo anak kecil minum kopi sedikit katanya untuk meningkatkan ketahanan tubuh biar gak gampang step gimana tuh ? mitos ato bukan ?
salam kenal bu dokter... ane nih seneng sama kopi... tapi sayangnya maagnya yang ndak kuat... walopun sekedar coffe mix... kalo kebanyakan...semaleman tidak bisa tidur... dan paginya loyo dan masih ada sisa berdebar-debarnya... makasih mbak dokter Salilika... blognya very OK
brutu5! said…
alahh....berbahaya???gawat dunk...qw kan kalo ga minum kopi kurang bisa konsentrasi gitu...(ya kalo sehari bisa >3 porsi gtu...)truzz kalo ga ngopi rasanya ada yg kurang gtu
...gmana dunk...???

bu dokter punnya tips buat menetralkan efek kopi itu ga (ya yg mandul tadi...),soalnya itu kan masa depan...^-^
Anonymous said…
saya suka minum kopi lho.. disini bilang bisa bikin mandul.. di blog laen ada yang bilang bikin sperma agresip... yang mana yang bener? :)
Sallika said…
kafein yg lebih dr 500 mg per hari itu yg bs bikin mandul, jd kalo minum kopinya kebanyakan.. mgkn klo ga banyak bs bikin subur ya? hmmmm..
Dhan said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said…
referensi nya mana?
sumber yang bisa dipercaya gitu..?

ga cuma kopi,kebanyakan air putih az bisa mati,,,,,

(keleleb)
Unknown said…
q pecandu kopi setiap ngopi mlah tanpa gula pdhl kopi hitam asli. dan klu gk mnm kopi malah pusing.
tapi sehabis ngopi q minum air putih minimal 2 gls besar.
Aku ngopi sehari bisa ampe 7 kali. Alhasil rematik dan asam urat 😢😢😢😢😢😢

Popular posts from this blog

Atur Duit untuk Kesehatan

Manfaat Kol untuk Ibu Menyusui, Emang Ada?

Adiksi Medsos dan Bahayanya