Perlukah multivitamin?

Sekarang ini produk2 multivitamin makin merebak di pasaran dan tidak sedikit dari kita yang tertarik untuk mengonsumsinya. Tapi sebenernya, tubuh kita perlu multivitamin tambahan ga ya?

Kita mengenal 2 jenis vitamin yaitu vitamin larut air (golongan vitamin B dan C) dan vitamin larut lemak (vitamin A, D, E, K). Semua jenis vitamin ini diperlukan mutlak oleh tubuh dan dapat diperoleh dari makanan dan suplementasi.

Perbedaannya adalah vitamin yang berasal dari bahan makanan tidak akan meracuni tubuh. Penyerapan jenis vitamin ini oleh tubuh tidak akan berlebihan karena adanya proses interaksi antara beberapa macam bahan makanan. Sedangkan bila multivitamin dosis tinggi dikonsumsi secara terus menerus, dampaknya tidak akan dirasakan segera, namun bila keadaan ini sudah tidak dapat ditolerir oleh tubuh maka timbul tanda-tanda keracunan seperti sakit kepala, perubahan emosi, pertumbuhan sel yang berlebihan dan lain-lain.

Dalam keadaan normal, sebetulnya asupan makanan sehari2 sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin kita. Tetapi untuk benar2 mencukupinya diperlukan konsumsi makanan dalam jumlah yang cukup dan bervariasi, terutama sayuran dan buah-buahan.

Selama asupan kita dalam sehari cukup dalam jumlah dan variasi, maka kita tidak perlu mengonsumsi multivitamin tambahan, kecuali pada kondisi tertentu seperti pada vegetarian, kondisi stres atau kelelahan atau baru sembuh dari sakit, dan sebagainya. Bila tubuh memang memerlukan multivitamin tambahan konsumsilah suplemen tambahan sesuai dengan jenis dan dosis yang tepat. Tapi bila tidak perlu, konsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap tentu lebih baik untuk tubuh.

Comments

Mas Hery said…
emang yang alami lebih aman ya bu...multivitamin emang perlu kalo memang asupan vitamin kita dirasa kurang atau utk khusus kalangan tertentu yang membutuhkan vitamin berlebih..eh bener ga ya?
maruf hadi said…
ngomong2 ttg vitamin asyik juga nih,tapi ada ngak ya vitamin yang bermanfaat buat blogger gue, hehhe, biar tambah banyak pengunjung gitu, hahaha,
salam buat mbak sali deh
Anonymous said…
Nanya mbak dokter...kalo kena flu trus diperbanyak minum suplemen vitamin kayak Berocca and Supradyn itu gimana?
Sallika said…
agus: siip bener bgt pak..
maruf: klo vitamin buat blog kyknya pak agus tuh yg bs jawab hehe
dirac: gapapa ko, waktu flu kan kondisi dan daya tahan tubuh melemah, jadi perlu tambahan vitamin biar tubuh kuat melawan virus.. lg flu ni? get well soon ya..=)
pyuriko said…
apalagi dalam keadaan skrg yaaa... multivitamin sangat diperlukan sekali, sebagai tambahan asupan dalam tubuh :)
Anonymous said…
saya rasa vitamin itu emang penting banget..., tapi tetap aja untuk memenuhi semua itu kayak susah banget dhe...
riefy said…
mau nanya mba', buku yang mba' jadikan refrensi untuk menulis tentang artikel multivitamin apa mba' nama bukunya?
tolong yah mba' d bls..
terimakasih..

Popular posts from this blog

Atur Duit untuk Kesehatan

Manfaat Kol untuk Ibu Menyusui, Emang Ada?

Adiksi Medsos dan Bahayanya