Cegah si Bau Mulut!

Hmm ga kerasa bulan puasa dah mau pergi ninggalin kita smua hiks cepet bgt ya.. Sebenernya dah lama banget pengen posting tentang mencegah bau mulut di bulan puasa ini, tp gara2 ksibukan sana sini jadi kelupaan deh..tapi gpp deh better late than never kan! apalagi ada temen yang selalu ngingetin utk posting tentang topik ini heuheu makasi paak..

Emang si, puasa kadang bikin mulut kita terasa ga nyaman akibat datangnya si bau mulut, yang istilah kedokterannya disebut halitosis. wajar si, karena selama puasa tidak ada pemasukan makanan dan minuman yang bisa merangsang keluarnya saliva (ludah) dan menimbulkan efek self cleansing. Selama puasa, saliva kita semakin berkurang dan menimbulkan bau mulut yang tentu aja ngganggu bgt..

Selain itu, adanya sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna, penyakit gigi yang tidak diobati seperti gigi berlubang, infeksi, dll,gangguan sistemik, dan rangsangan bau-bauan dari makanan yang dimakan selama sahur bisa jadi penyebab timbulnya bau tidak sedap dari mulut.

Bagaimana mengatasinya?
Sbetulnya bau mulut ini bisa diatasi dan dicegah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan gigi dan mulut secara sempurna terutama sehabis sahur.
Sikatlah gigi setelah sahur dengan sempurna, jangan lupakan daerah lidah dan langit2 yang juga bisa menjadi sarang kuman. Untuk membantu membersihkan daerah celah antara dua gigi, gunakan juga dental floss (benang gigi), dan bila perlu, gunakan mouthwash untuk memperlambat pembentukan plak yang merupakan tempat tumbuh kuman yang bisa menimbulkan bau mulut. Bila kebersihan terjaga, insya Allah si bau mulut tidak akan muncul.


Selain kebersihan mulut, yang harus diperhatikan juga adalah konsumsi makanan kita selama sahur. Hindari makanan2 yang bisa merangsang timbulnya bau mulut seperti jengkol, petai, bawang putih dan durian. tetapi perbanyaklah konsumsi buah-buahan berair seperti apel, dan yang penting juga adalah perbanyak konsumsi air putih, bila perlu lebih banyak dari biasanya.

Bila bau mulut tetap mengganggu pergilah ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bisa saja bau mulut berasal dari gigi berlubang, membusuk atau penyakit lain pada gigi dan mulut. Hmm smoga cukup membantu ya..


Selamat berpuasa!

Comments

Mas Hery said…
tetep aja rutinitas membersihkan gigi itu perlu, terlebih di bulan puasa seperti ini.tapi kerasa bgt kalo kebanyakan tidur, misalnya pas wiken....bau mulut makin kerasa...kebanyakan tidur juga ga baik buat kesehatan mulut kali ya bu?
Anonymous said…
Kalo kebanyakan minum air, perut saya jadi kembung, Bu Dokter. Lha gimana ini??
Sallika said…
agus: yups bener bgt mas agus, karena ga ada aktifitas pengunyahan, selama tidur produksi saliva (ludah) menurun, ini bisa nyebabin bau mulut pas bangun..apalagi kalau seblom tidur ga sikatan hehe bisa makin parah tu..

dirac: gapapa ko dirac, kembung dikit demi kebaikan hehe tp biar ga kembung minumnya dcicil dikit2 aja kli ya jgn langsung 1 liter =D
maruf hadi said…
wah bau nih bicaranya,eh ngomong2 bau mulut orang puasa itu wajar sih and malah katanya berpahala,hahahahah, tapi kalau kebangeten ya,bisa beracun,hehehe, maksudnye terhadap diri sendiri,kebauen jadi pinsan
Manik Cantik said…
Benang gigi? ada yg jual ya mba? kalo pake benang jahit bisa gak? atau benang kasur?? emang gak cukup hanya dg sikat gigi biasa ya mba?? :-)
Sallika said…
yups mba, ga cukup dgn sikat gigi biasa, krn kotoran sering nyangkut di sela2 antara dua gigi yg ga bs dcapai sm sikat gigi.. dental floss byk yg jual, di apotik2 ato toko obat biasanya jual, jgn pake benang kasur ya hehe
ngeloam said…
Sal seorang dokter yah....
tulisan kamu mengarah pada disiplin ilmu kedokteran gitu...??
senang bisa membaca tulisan -tulisan kamu bisa nambah pengalaman baru ..

Popular posts from this blog

Atur Duit untuk Kesehatan

Manfaat Kol untuk Ibu Menyusui, Emang Ada?

Adiksi Medsos dan Bahayanya