Monday, June 23, 2014

Weaning Story

Sulit dipercaya akhirnya masa2 ini dateng juga *agaklebay*. Setelah nyusuin milly dari dia lahir, skarang dia udah stop nyusu. Waw, perasaan yang campur aduk rasanya. Ga nyangka jg prosesnya bakal secepet ini, di umur dia yg 1 tahun 11 bulan 1 minggu milly udah stop nyusu. Ngeliat gelagat milly sm jik (nyusu-bahasa milly) sebenernya gw udah pasrah sm proses weaning yang udah makin mendekat, dia ketagihan jik dan sehari bs 10 kali lebih jik kyknya, dan tidur pun selalu dmulai dgn jik. Jadi gw pikir mending dimulai lebih awal krn mungkin prosesnya akan makan waktu karena kayaknya milly susah lepas dari jik.

Crita awalnya minggu lalu gw mulai kepikiran pake cara apa nyapih milly, karena fahmi tanya gw udah siapin strategi apa mengingat satu bulan lagi milly udah 2 taun. Gw memang ga berniat memperpanjang masa menyusui sampe lebih dari 2 taun. Waktu itu gw pikir nanti mau stop mendadak aja begitu 2 taun dan terima smua kerewelan dan kegalauan milly dibantu fahmi yang tentunya juga harus ambil peran di proses sapih ini. But then, gw inget sama cara nyapih yang lebih kalem ‘weaning with love’ yang banyak dipake ibu2 yang ga pengen terlalu maksain anaknya untuk cepet2 brenti dan biarin anaknya sendiri yg nyapih dirinya. Gw pun baca2, dan emang sih butuh waktu lebih lama mungkin dibanding pake cara ekstrim kyk oles2an apalah, ato sampe eyang milly kepikiran bawa ke dukun anak biar lupa sm jik, hehe. Tapi gw pikir knapa ga coba aja, toh masih ada wkt 1 bulan sebelum dia 2 taun.

Dari beberapa artikel yg gw baca dan tangkep, intinya WWL ini lbh mengedepankan komunikasi n kasih pengertian sm anak, dan sebisa mungkin masukin sugesti2 seputar sapih ke anak saat dia sadar, mau tidur, atau pas awal2 fase tidur. Sebisa mungkin jg alihin perhatian dia dari nyusu. Penting jg buat konsisten sm apa yg kita omongin ke anak, dan tanpa paksaan yang bisa bikin anak merasa kurang ikhlas ngelepas kebiasaan nyusunya. Setelah lanjut baca2 malem sblm tidur, gw ngrasa lebih siap buat mulai proses weaning milly besoknya. 

Day 1, bgn tidur dia lgsg blg ‘bobo jik’ kalimat favorit minta nyusu, masih gw kasih. Trus abis mandi main2, dia minta jik lg, gw mulai alihin ke tv ato mainan dia. Hari ptama itu kalo ga salah dia berhasil beberapa kali dialihin dan cuma jik 4 kali seharian dil uar jik malem. Pas mau tidur dia jik, trus mulai deh gw kasitau pelan2, intinya: 'milly udah gede sebentar lg ulang tahun ke 2 jadi udah ga usah jik lg ya, jik itu untuk baby eya’ eya’, milly udah besar n pinter'. Dia si kayak marah n ga peduli, tp gw ulang2 terus, sampe dia ktiduran. Pas dia kebangun malem2 gw tawarin air putih dulu, baru jik, sambil sugesti2 lg.

Day 2, kalau dia minta jik gw mulai godain dia bilang ‘duh kayak baby ni minta jik, kan udah besar ya’ dia senyum2 aja. Tp kalo dia minta gw masih kasih sambil berusaha tetep alihin perhatian sebisa mungkin. Waktu tidur siang gw ajak dia main2 santai di tempat tidur, dia jik sekali trus minta lg ga gw kasih ‘kan tadi udah’ , dia smpt nangis tapi terus kalem lagi n tidurnya cm dipok2in aja. Pas malem ada daddynya, daddynya jg bantu kasitau klo milly udah gede jadi ga jik. Keliatan mulai ada kegalauan mungkin krn slama ini asosiasi tidurnya itu jik dulu jadi ya pas dibilang bgitu dia kesel. Gw tawarin peluk sambil elus2 tp dia ga mau. Akhirnya daddynya gendong sampe dia ketiduran. Pas kebangun malem2 dia minta jik gw udah mulai ga kasih dan tawarin peluk, dia nangis2 tapi akhirnya tidur jg.

Day 3, kira2 masih sama kayak day 2. Dia masih merajuk dan gw berusaha konsisten.

Day 4, gw coba alihin seharian dan berhasil. Siang dia tidur sambil main2 tanpa jik sama sekali. Pas malem mau tidur dia ngerayu minta jik dan akhirnya dia jik satu kali, dan seinget gw itu terakhir kalinya dia nyusu, karena sejak itu dia udah ga jik lagi sampe sekarang. Jadi bisa dbilang prosesnya cepet juga, 3 hari dia udah lepas jik, dan sabtu kemarin hari pertama dia bener2 full ga jik lg sm gw. Sebenernya ada sedih dan kangennya karena udah lama juga kita mojok berdua utk nyusu, tp sebagian besar prasaan gw lega krn proses nyapihnya berjalan lancar n mudah. Makasih ya Allahh.. alhamdulillah..

Gw ga tau apa yang gw terapin selama nyapih kemarin bisa dibilang weaning with love ato ga, tp yg pasti gw ngerasa milly ikhlas udah ga jik, gw pun ikhlas, dan fahmi juga ikut seneng karena ga terlalu banyak drama selama proses sapih. Kmrn pulang kantor dia bilang: ‘ternyata cara kamu nyapih pake komunikasi berhasil juga yah. Bagus2, slamat.’ Hehe apa sih miii, tp gw seneng jg, brasa udah ngelakuin hal yg bener. Dan tentunya bangga banget sm milly yang sangat pintar dan kooperatif. She’s a big girl now, but she’ll always be my baby.. love u my cutey little daughter!

No comments: